Polling

Apakah tampilan Web ini membantu informasi bagi Anda?


Hasil

Statistik Pengunjung


Pengunjung Hari ini : 155
Pengunjung Bulan ini : 341
Total Pengunjung : 5222

Produk Unggulan

ANAK SUNGAI


Sungai adalah air tawar dari sumber alamiah yang mengalir dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah dan menuju atau bermuara ke laut, danau atau sungai yang lebih besar. Secara alami, sungai mengalir sambil melakukan aktivitas yang satu sama lain saling berhubungan. Aktivitas tersebut, antara lain erosi (pengikisan), pengangkutan (transportasi), dan pengendapan (sedimentasi). Ketiga aktivitas tersebut tergantung pada faktor kemiringan daerah aliran sungai, volume air sungai, dan kecepatan aliran.

Sungai merupakan bagian dari permukaan bumi yang letaknya lebih rendah dari tanah yang disekitarnya dan menjadi tempat untuk mengalirnya air tawar menuju ke laut, danau, rawa atau ke sungai yang lain. Pada umumnya setiap aliran sungai dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian hulu, bagian tengah dan hilir

Manfaat sungai bagi kehidupan manusia memang sangat penting dan sangat vital, seluruh makhluk hidup yang ada di bumi juga membutuhkan sungai. Apa saja manfaat sungai bagi manusia ? Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

 
  1. Penampung air
    Manfaat pertama dari sungai adalah sungai dapat menampung debit air yang turun ke tanah melalui hujan. Air hujan yang turun biasanya akan berkumpul dan mengalir ke suatu tempat. Tempat tersebut yang menjadi penampungan dari air hujan adalh sungai dan juga danau.

  2. Mengalirkan air ke hilir
    Air memiliki sifat bergerak dari tempat yang tinggi menuju tempat yang rendah. Dengan berdasarkan sifat air inilah, sungai dapat mengalirkan air dari hulu atau sumber air menuju ke hilir, alias tempat dimana sungai itu bermuara. Hal ini dapat mencegah terjadinya penumpukan air pada hulu, yang dapat berakibat meluapnya air sungai.


  3. Pembangkit listrik
    Manfaat sungai yang lain, yang tidak kalah penting dari manfaat lainnya adalah sungai dapat menjadi salah satu energy yang dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. Adalah pembangkit listrik tenaga air atau PLTA, yang merupakan pemanfaatan sungai sebagai pembangkit listrik. Derasnya aliran sungai dimanfaatkan untuk memutar kincir air, sehingga kincir air ini akan menyebabkan aktifnya generator pada pembangkit listrik, dan kemudian akan menghasilkan listrik yang dapat disuplai untuk kebutuhan sehari – hari.Namun demikian, cukup disayangkan karena meskipun Indonesia memiliki banyak sekali sungai, hanya sedikit sungai yang dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga air.


  4. Pusat dari ekosistem
    Ekosistem merupakan suatu kumpulan tempat tinggal dari makhluk hidup dan segala pendukungnya. Secara umum ada beberapa ekosistem yang ada, seperti ekosistem laut, daratan, gurun dan juga sungai. Dari segi biologis, sungai dapat menjadi rumah bagi segala makhluk hidup yang tinggal dalam ekosistemnya. Jenis ikan


    ikan dan tanaman air merupakan salah satu contoh manfaat sungai sebagai pusat dari ekosistem yang ada.

  5. Mencari nafkah
    Sungai juga sering dimanfaatkan sebagai sumber nafkah dari berbagai kalangan masyarakat. Dengan kandungan dan keanekaragaman hayati yang banyak, sungai dapat menjadi sumber rezeki. Katakanlah nelayan, yang memanfaatkan sungai sebagai tambak dan juga lokasi untuk memanen ikan untuk kemudian dijual lagi atau bisa juga penambang – penambang batu kali yang menggantungkan hidupnya dengan cara mencari dan menambang batu di sungai – sungai. Berikut ini beberapa jenis mata pencaharian yang memanfaatkan sungai :
    • Tambak ikan (berternak ikan)
    • Nelayan pencari ikan
    • Penambang batu kali
    • Penambang pasir
    • Penambang emas
    • Penambang mineral – mineral bumi lainnya, seperti timah dan sebagainya.

  6. Sumber bahan konsumsi
    Selain sebagai salah satu sumber mata pencaharian, beberapa keanekaragaman hayati yang ada di sungai dapat menjadi bahan konsumsi, baik bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Banyak sekali manusia dan hewan yang menggantungkan konsumsi sehari – hari dengan menggunakan sungai. Biasanya bahan konsumsi yang paling umum ditemukan pada sungai ialah jenis ikan – ikan air tawar yang sangat bergizi tinggi bagi kesehatan kita.


  7. Tempat rekreasi
    Selain fungsi hutan bakau, anda juga dapat memanfaatkan sungai jika anda merasa bosan dan penat dengan aktivitas anda sehari – hari. Kalau begitu anda harus mencoba bersenang – senang dan berekreasi ke daeraha sungai. Banyak sekali jenis hiburan yang bisa anda dapatkan ketika anda berada di sungai. Berikut ini adalaha beberapa jenis


  8. Lokasi mencari ketenangan dan relaksasi
    Beberapa orang memanfatkan sungai sebagai lokasi yang tepat untuk mencari ketenangan dan mendapatkan pencerahan. Hal ini disebabkan oleh suara air sungai dan juga suara aliran sungai yang dapat memberikan efek relaksasi bagi tubuh anda.


Adapun Manfaat dan Fungsi Sungai secara singkat antara lain sebagai berikit

  • Bisa sebagai sumber energi pembangkit listrik
  • Bisa sebagai dalam sarana transportasi
  • Bisa sebagai tempat rekreasi atau hobi
  • Bisa sebagai Tempat budidaya ikan, udang, kepiting, dan lain sebagainya
  • Sebagai sumber air minum makhluk hidup
  • Bisa sebagai bahan baku industri
  • Bisa sebagai sumber air pertanian, peternakan dan perikanan
  • Bisa sebagai tempat berolahraga
  • Bisa sebagai tempat untuk mandi dan mencuci.

Didesa Sumber Mulia terdapat aliran anak sungai yang membelah badan desa, anak sungai bisa menjadi objek destinasi wisata air jika dikelola dengan baik. dan banyak kegiatan lain seperti memancing, ternak ikan air tawar dan arung jeram.  yang menjadi kendala adalah disaat misim kemarau tiba , dibeberapa spot aliran sungai menjadi kering oleh karena itu jika sungai di adakan pengerukan, mungkin air dapat tertampung dan mengalir terus. Sampai saat ini belum ada perhatian dari pihak setempat.


Share :  

Gambar Lainnya